Pages

TEXT

Selasa, 14 Juni 2011

7 Stasiun Unik di Daop 1 Bagian Jalur Barat Versi Railfans


1.     Stasiun Rawa Buntu
Stasiun ini tergolong unik menurut para railfans, stasiun ini tidak mempunyai sinyal muka, sinyal masuk, sinyal keluar, dan wesel. Stasiun ini melayani KRL Eko AC, KRL Eko non AC, dan Kereta Api local, tapi tidak melayani KA Ekspres Rangkas Jaya, KA Banten Ekspres, dan juga Patas Merak, uniknya Stasiun ini melayani KRL Sudirman Ekspres atau biasa disebut Sudex, karena mayoritas penumpangnya yaitu turun di Sudimara, Rawa Buntu, dan Serpong.

2.    Stasiun Cicayur
Stasiun unik kedua adalah Cicayur, pos pemberhentian di petak antara Cisauk dan Parung panjang ini cukup unik, stasiun ini melayani Kereta Api local Jakarta kota – Rangkas bitung, stasiun ini tidak punya kepala stasiun, PAP, tetapi memiliki penjaga loket, uniknya stasiun ini juga melayani KRL ekonomi AC Ciujung dengan tujuan Manggarai – Parungpanjang pp. stasiun ini terasa seperti standar Nasional karena KRL AC pun berhenti di pos pemberhentian yg letaknya tak jauh dari perkampungan, yg lebih unik lagi para penumpang bisa membeli karcis dengan “menghutang” kepada penjaga loket, layaknya warung sembako, namun penjaga loket pun tidak keberatan karena penjaga loket pun tinggalnya tak jauh dari tempat ia bekerja.

3.    Stasiun Tigaraksa
Stasiun unik yg ketiga adalah Tigaraksa, stasiun kelas II ini cukup unik, stasiun ini tidak mempunyai sinyal muka, sinyal masuk, sinyal keluar, dan wesel, stasiun kelas II itu hanya memiliki satu jalur saja, jadi kereta yg akan memasuki stasiun tigaraksa tidak pernah bersilang, stasiun ini melayani Kereta Api local, KA Banten Ekspres, KA Patas Merak, dan uniknya stasiun tigaraksa juga melayani KA Ekspres Rangkas Jaya, karena permintaan dari gubernur Banten, Hj. Ratu Atut Chosiyah.
4.    Stasiun Duri
Stasiun unik yg ke empat adalah Duri, stasiun yg terletak di tengah padatnya ibu kota ini cukup unik, stasiun ini melayani KA local Rangkas Bitung – Pasar senen/Jakarta kota pp, KRL eko Tangerang, KRL Benteng Ekspres, KRL Ciliwung, dan KRL lingkar bekasi - tanah abang. Uniknya disini bukan tentang stasiunnya, tetapi tempatnya, stasiun unik ini tepat di samping padatnya Pasar tumpah, jadi stasiun Duri selalu kotor karena sampah dari pasar tersebut, dalam setahun pasar itu dapat merauk keuntungan puluhan juta rupiah, dan Stasiun Duri hanya kecepretan 1 % saja dari keuntungan pasar tersebut.

5.    Stasiun Jambu Baru
Stasiun unik yg ke lima adalah Jambu Baru, stasiun yg terletak setelah Rangkas bitung ke arah Merak ini cukup unik, karena mempunyai pemandangan yg luar biasa yg bisa kita lihat selama perjalanan di KA menuju Jambu baru, atau bisa di nikmati di stasiun tersebut, pemandangan yg menakjubkan itu adalah Gunung Karang, gunung tersebut bisa di lihat di stasiun Rangkas bitung, Jambu baru, Catang, hingga Cikeusal. Tak heran stasiun jambu baru menjadi tempat Favorite Hunting untuk para Railfans.

6.    Stasiun Krenceng
Stasiun unik yg ke enam adalah Krenceng, stasiun yg terletak 1 stasiun sebelum Merak ini sangat lah unik, karena stasiun ini memiliki 3 cabang jalur, dan semua cabang jalur itu masih aktif sampai sekarang, Cabang jalur yg pertama adalah jalur menuju Stasiun Merak, jalur ini biasa di gunakan oleh KA Patas Merak dan KA Banten Ekspres, Cabang Jalur kedua adalah jalur menuju PT.Krakatau Steel, jalur ini biasa di gunakan oleh KA Angkutan Baja Coil, dan Cabang jalur yg ketiga adalah jalur menuju Pabrik Batu Bara Cigading, jalur ini biasa di gunakan oleh KA Angkutan Batu Bara atau Indocement.



7.    Stasiun Merak
Stasiun unik yg terakhir adalah Merak, Stasiun yg terletak paling ujung pulau Jawa bagian Barat ini cukup unik, karena hanya melayani 2 KA, yaitu KA Banten Ekspres yg berangkat Merak pukul 06.00 dengan tujuan Jakarta Kota dan KA Patas Merak yg berangkat Merak pukul 14.00 dengan tujuan Tanah Abang, stasiun ini memang sangat sepi dari KA, padahal Stasiun ini setara dengan Rangkas Bitung, Tigaraksa, Parung Panjang, dan Serpong, Stasiun ini letaknya persis di samping pelabuhan Merak, dan tindakan PT.ASDP yg membuat tembok antara pelabuhan dan stasiun membuat para penumpang tidak tahu dengan keberadaan stasiun tersebut, satu – satunya jalan menuju stasiun hanya dengan melewati Rel KA dari perlintasan jalan, dan stasiun Merak menjadi tempat akhir pengiriman Lokomotif atau Gerbong lewat Rel, yg akan dikirim ke Sumatera dan akan di lanjutkan dengan menggunakan Kapal Laut, dan kabarnya dari PT.KA stasiun Merak akan di relokasi dekat dengan terminal Merak.

itulah 7 Stasiun Unik Versi RAILFANS

2 komentar:

  1. Terima kasih buat info sudah terkirim dari website
    https://railfansresmi.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  2. Terima kasih buat info sudah terkirim dari website
    https://railfansresmi.blogspot.co.id/

    BalasHapus