Masa angkutan Lebaran 1432 H yang akan dimulai dalam waktu kurang satu bulan, menjadi pemacu bagi semua jajaran di PT. Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pemudik. Persiapan yang sudah dilakukan sejak beberapa bulan terakhir ini, termasuk kesiapan sarana dan prasarana kereta api, baik dari kereta dan lokomotif sampai pada jalan rel serta persinyalan. Balai Yasa (BY) Manggarai yang diberikan tanggung jawab oleh manajemen PT. KAI dalam mempersiapkan sarana kereta penumpang, juga berkonsentrasi penuh untuk memperbaiki dan merawat kereta penumpang agar bisa dipergunakan dalam angkutan Lebaran nanti.
EVP BY Manggarai, Djoko Hardianto (kedua kiri) menjelaskan kepada rombongan wartawan mengenai berbagai perbaikan dan perawatan yang dilakukan oleh pihaknya.
Sebanyak 114 kereta penumpang yang tidak siap guna operasi (TSGO), dari berbagai macam kelas, baik ekonomi, bisnis, dan eksekutif maupun kereta makan serta bagasi pembangkit sedang mengalami perbaikan akhir (PA) di Balai Yasa ini. Dari data per tanggal 25 Juli ini, ditargetkan pada H-10 atau pada 15 Agustus nanti, semua kereta ini bisa melayani pemudik yang diperkirakan melebihi 2.500.000 penumpang yang akan menggunakan kereta api.
Salah seorang pegawai di BY Manggarai sedang mengelas bagian dalam kereta guna memperbaiki pintu.
Seperti yang diutarakan oleh Executive Vice President (EVP) BY Manggarai, Djoko Hadianto pada saat press tour ke BY Manggarai, Selasa (26/7), pihaknya sedang berupaya untuk segera menyelesaikan kereta-kereta yang TSGO menjadi siap guna operasi (SGO). “Saat ini, kondisinya sudah sebagian besar selesai untuk persiapan angkutan lebaran,” ujar Djoko kepada wartawan.
Bagian roda pun mendapatkan perbaikan serta perawatan.
“Sejak empat bulan yang lalu, kami sudah mencicil berbagai macam pekerjaan untuk perawatan dan perbaikan kereta,” jelasnya. Perbaikan dan perawatan yang dimaksud oleh Djoko, mulai dari bagian bogie kereta yang terdiri dari roda, pegas dan sebagainya hingga kepada bagian eksterior kereta, termasuk pula bagian interior kereta.
BY Manggarai mentargetkan semua perbaikan kereta selesai pada H-10 Lebaran.
“Saya targetkan, semua yang merupakan tanggung jawab kami, akan selesai pada H-10,” tegas Djoko. Dalam press tour ini, semua wartawan diberikan kesempatan untuk mengelilingi BY Manggarai, melihat langsung berbagai macam pengerjaan di BY tersebut. (Humaska)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar